Pengertian exploit dalam dunia hacking

05.26


Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan_komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer tujuan.
Dalam hal ini (deface), exploit yang dimaksud yaitu sebuah proses dimana kita menyerang sebuah website menggunakan malicius code/dengan memanfaatkan kelemahan sistem pada website itu sendiri ( bug/celah/vulnerability). Sehingga kita mampu masuk kedalam website target dengan mudah dan menyisipkan sebuah backdoor yang nantinya kita dapat mengendalikan website itu.sumber
Secara sederhananya exploit adalah kode program yang memanfaatkan kesalahan(bug/vuln) dari sebuah web hingga memungkinkan si attacker masuk kedalam web.

Biasanya exploit tunggal hanya dapat mengambil keuntungan dari satu celah keamanan software tertentu. Sering kali, setelah exploit diterbitkan, celah keamanan sistem diperbaiki melalui tambalan sehingga exploit tak berlaku lagi untuk perangkat lunak versi terbaru. Hal ini menjadi alasan mengapa beberapa blackhat hacker tidak mempublikasikan exploit mereka tetapi merahasiakannya untuk diri sendiri atau hacker lainnya. Exploit tersebut disebut sebagai 'Exploit Zero Day' dan untuk mendapatkan akses ke exploit tersebut adalah keinginan utama dari penyerang-penyerang amatir, yang sering dijuluki Script Kiddie

Banyak exploit dirancang untuk memberikan akses tingkat-''superuser'' ke sistem komputer. Namun, namun mungkin juga menggunakan beberapa exploit, untuk mendapatkan akses tingkat rendah terlebih dahulu, kemudian meningkatkan hak akses berulang kali sampai mencapai root.

You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook

Popular Posts